Potensi Kelapa Indonesia

By | June 10, 2015

potensi kelapa indonesia

Indonesia dewasa ini telah menghasilkan produk berbasis kelapa yang beraneka ragam seperti Briket Arang Tempurung Kelapa (Coconut Charcoal Briquette). Selain briket, masih banyak produk-produk lain yang diproduksi antara lain Tepung Kelapa, Santan dalam Kemasan, Virgin Coconut Oil, Nata de Coco, Konsentrat Air Kelapa, Arang Batok (coconut charcoal), Carbon Active, Sabut Kelapa dan lain-lain. Apakah kita sudah mengetahui suatu fakta yang mencengangkan ini? Faktanya, Indonesia adalah Negara penghasil kelapa terbesar di dunia. Iya betul, di dunia. Tidak main-main, Luas perkebunan kelapa di Indonesia mencapai 3,8 juta hektar terbentang dari Aceh hingga Papua. Kelapa sangat subur tumbuh di Indonesia karena memang Negara kita termasuk Negara Tropis dan sangat luas sehingga memungkinkan penyebaran Kelapa tersebar luas.

Potensi Kelapa di Indonesia

Seluruh bagian dari Kelapa dapat dimanfaatkan secara komersial. Unik bukan? Kita dapat memanfaatkan  mulai dari batang pohon, buah, sabut, tempurung, hingga air kelapa. Permintaan produk-produk berbasis kelapa pun masih terus meningkat baik untuk pasar local ataupun pasar ekspor. Potensi ini seyogyanya dapat kita kembangkan bersama, mengingat bahwa produktivitas pengolahan Kelapa Indonesia masih kalah dibandingkan Negara lain seperti Srilanka.

Kami Arangbriketindonesia melihat potensi ini dan memutuskan untuk fokus pada Industri hilir Kelapa. Apakah yang dimaksud Industri Hilir Kelapa? Industri kelapa Hilir adalah pengolahan bahan yang dihasilkan oleh industri kelapa, sehingga menghasilkan produk akhir yang digunakan oleh industri. Hasil olahan tersebut berupa Coconut Shell Charcoal (Arang Batok), Coconut Charcoal Briquette (Briket Arang Batok), Karbon aktif, Minyak kelapa, Coconut milk dan lain sebagainya. Kami memproduksi khusus untuk Coconut Shell Charcoal (Arang Batok) dan Coconut Charcoal Briquette (Briket Arang Batok). Produk yang kami hasilkan mempunyai kualitas yang baik untuk pasar ekspor maupun local dengan kalori tinggi 7000kkal, tanpa asap, tanpa bau, dan packing yang baik. Silahkan hubungi kontak poin di website ini untuk mengetahui lebih lanjut.

Kelapa Sebagai Bahan Baku Briket

Seperti yang telah kita ketahui, Tempurung Kelapa merupakan bahan baku pembuatan Briket Arang Batok dengan cara dibuat menjadi arang terlebih dahulu, kemudian diproses menjadi briket arang batok kelapa. Bisa dibayangkan peluang usaha ini, dengan melimpahnya pasokan kelapa di Indonesia dan seiring meningkatnya permintaan briket arang batok, maka peluang bagi pengusaha sangat terbuka lebar. Ketersediaan bahan baku menjadi sebuah faktor penting bahkan faktor utama untuk keberlangsungan suatu produksi barang. Dengan keunggulan ini, semoga bisnis briket arang tempurung/batok kelapa dapat berkembang ke depannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *