Pengobatan Ayurveda Menggunakan Arang Tempurung Kelapa

By | August 18, 2015

Pengobatan Ayurveda Menggunakan Arang Tempurung Kelapa

Di Budaya Hindu, dikenal adanya Pengobatan Ayurveda Menggunakan Arang Tempurung Kelapa. Pengobatan ayurveda sendiri sedang banyak dikembangkan dan dilakukan khususnya di banyak kota besar di Asia dan Amerika Selatan. Arang Tempurung Kelapa sudah dikenal dan digunakan dalam teknik pengobatan Ayurveda semenjak ribuan tahun yang lalu. Arang tempurung kelapa (coconut shell charcoal) digunakan dan diberikan kepada pasien khususnya untuk pasien yang menderita keracunan.

Pengobatan Ayurveda

Pengobatan Ayurveda dikembangkan secara mendalam pada ajaran Hindu. Para pengikut ajaran Hindu mempercayai bahwa Pengobatan Ayurveda diturunkan sendiri oleh Dewa Brahma sebagai wahyu. Menurut Wikipedia, Kata Ayurveda berasal dari dua kata yaitu āyus yang memiliki arti hidup dan veda yang berarti ilmu. Oleh karena itu, Ayurveda dapat  diartikan menjadi Ilmu Kehidupan. Ayurveda mencakup pengukuran hidup yang sehat, dengan terapi yang berhubungan dengan fisik, mental, sosial, dan keselarasan spiritual. Namun terdapat sesuatu hal yang unik, dari segi ilmu Kedokteran, secara ilmiah pengobatan ayurveda tidak diakui. Hal ini berkaitan karena dengan ditemukannya pengobatan ini dapat menimbulkan risiko dari segi medis yang besar.

Hal tersebut tidak mengurangi pemeluk keyakinan Hindu untuk meninggalkan pengobatan ayurveda ini. Malahan hingga saat ini pengobatan ayurveda banyak digunakan. Mengenai arang tempurung kelapa (coconut charcoal) yang digunakan pada pengobatan ayurveda, sejak dahulu, memang sudah umum dilakukan. Arang tempurung kelapa memiliki sifat adsorbent, yaitu sebagai zat penyerap. Arang tempurung kelapa (coconut charcoal) dapat menyerap racun yang masuk kedalam tubuh dan mengikat racun tersebut sehingga dapat keluar dari dalam tubuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *