Pemanfaatan Briket Arang Tebu Di India

By | August 4, 2015

Pemanfaatan Briket Arang Tebu Di India

Pemanfaatan Briket Arang Tebu Di India mulai terus dilakukan oleh beberapa perusahaan swasta. Hal ini dilakukan untuk dapat memperoleh bahan bakar alternatif yang lebih memberikan nilai efisiensi yang lebih besar. Beberapa penelitian telah dilakukan untuk dapat menguji keefektifan briket arang tebu ini untuk digunakan dalam skala rumah tangga.Dalam skala bisnis, pemanfaatan briket arang tebu ini pasti sangat menguntungkan

Briket Arang Tebu

Seperti yang telah kita ketahui, dedaunan dan ampas dari tanaman tebu dalam proses pengolahan gula termasuk kedalam jenis limbah dan sampah. Sampah dan limbah ini terkadang sangat merepotkan bagi pabrik pengolahan gula dalam hal pengolahannya. Apabila tidak diambil tindakan yang baik, sampah ini akan terus menumpuk. Tindakan yang paling sering ditemui yaitu sampah ini hanya dibakar saja. Padahal sampah dan limbah ini apabila diolah, dapat memberikan banyak dampak positif bagi masyarakat.

Briket Arang Tebu menjadi solusi konkrit dalam mengatasi 3 hal sekaligus yaitu :

  1. Pengolahan Sampah Pabrik Gula
  2. Penanggulangan krisis Energi
  3. Adanya nilai tambah secara ekonomis bagi para pengolah dan penggunanya

Pengolahan briket arang tebu ini tidak berbeda dari pembuatan briket arang tempurung kelapa (Coconut Shell Charcoal Briquette) ataupun briket arang kayu (Wood Charcoal Briquette). Sampah dan limbah dari tebu yang ada dibakar hingga menjadi arang. Setelah itu dicampurkan dengan tepung tapioka sebagai perekat dan dibentuk menggunakan mesin press ataupun mesin cetak tertentu sesuai kebutuhannya. Dalam skala besar, sebuah media online di India menginformasikan untuk membuat project ini berhasil diperlukan dana sejumlah $50000 atau sekitar 600 Juta Rupiah. Media ini pun memperkirakan bahwa akan banyak sekali sampah dan limbah yang dapat dimanfaatkan dari pabrik pengolahan gula di India. Jumlah totalnya diperkirakan mencapai 4.000.000 Ton. Jumlah ini semuanya akan diolah menjadi briket arang tebu yang menghasilkan. Briket arang tebu yang dihasilkan dapat juga dikembangkan oleh para pengusaha yang melihat potensi dari peluang yang ada. Peluang bisnis yang dapat diambil dari proses pembuatan briket arang tebu ini sendiri terletak pada penjualan mesin, dan penjualan briket arang tebu pada skala menengah (restoran dan rumah tangga).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *