Peluang Bisnis dari Briket Arang Batok Kelapa (Coconut Shell Briquette)

By | November 25, 2014

Peluang Bisnis dari Briket Arang Batok Kelapa (Coconut Shell Briquette)

Arang Batok Murah

Arang batok kelapa ( Coconut Shell Charcoal )makin marak dicari dan diperjual belikan, bahkan marketnya bisa tembus sampai pasar luar negeri. Pada dasarnya, batok kelapa adalah limbah, tapi hasil arang dan cairan asap atau liquid smoke-nya berpeluang diekspor hingga ke China dan Amerika. Siapa sangka tempurung kelapa yang sudah diolah menjadi briket dapat menembus pasar ekspor. Tentu saja keuntungan dari bisnis briket tempurung kelapa ini bukan nilai yang kecil. Briket tempurung kelapa (Coconut Charcoal Briquette) ini banyak dipilih sebagai bahan bakar karena memiliki energi lebih dari 7.000 kalori sehingga menghasilkan panas lebih tinggi dibandingkan dengan brikett arang kayu biasa. Selain itu ada kegunaan lain yang biasa memanfaatkan briket tempurung kelapa ini misalnya shisa, biasa dipergunakan oleh Negara di Timur Tengah, dan juga untuk memasak tentunya (Barbeque).

Pasar Briket

Pasar Briket tempurung kelapa ini kebanyakan malah untuk ekspor dengan prosentase 80 persen sedangkan sisanya 20 persen untuk pasar dalam negeri. Beberapa negara tujuan eksport briket tempurung kelapa antara lain negara-negara timur tengah / Middle East, Jepang, Australia dan lain-lain.

Mereka menggunakan arang batok untuk pembuatan Carbon aktif pada water treatment plant dan Sumber Carbon untuk berbagai macam industri Coconut Shell Charcoal lainnya. Disinilah peluang bisnis dapat tercipta. Terlebih pasar yang menginginkan produk ini mayoritas pasar Internasional / ekspor. Omzet puluhan bahkan ratusan juta sudah diraih oleh beberapa pengusaha yang sudah menjalankan bisnis ini. So, Bisnis ini sangat layak untuk dijadikan salah satu peluang bisnis yang sangat menjanjikan

One thought on “Peluang Bisnis dari Briket Arang Batok Kelapa (Coconut Shell Briquette)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *