Briket Kain Brilikon, Briket Yang Memanfaatkan Limbah Kain

By | August 10, 2015

Briket Kain Brilikon, Briket Yang Memanfaatkan Limbah Kain

Selain briket arang tempurung kelapa (coconut shell charcoal briquette), briket arang kayu (wood charcoal briquette) , ternyata ada juga Briket Kain Brilikon, Briket Yang Memanfaatkan Limbah Kain tekstil. Limbah kain yang digunakan adalah kain perca. Penemuan luar biasa ini dibuat oleh mahasiswa Indonesia. Simak ulasannya di bawah ini.

Brilikon Briket Kain Perca

Seperti dikutip dari brilio.net, Briket kain brilikon ini ditemukan dan diinisiasi oleh seorang mahasiswai bernama Khozinatus Sadah. Briket ini awalnya dibuat berdasarkan kecemasan dari Khozinatus Sadah melihat banyak sekali limbah kain perca yang banyak tidak dimanfaatkan. Selain itu, krisi energi yang mulai dirasakan juga turut melandasi mahasiswi ini untuk menemukan terobosan mengatasi permasalahan ini. Hingga akhirnya dibuatlah brilikon ini, sebuah briket dari kain perca yang diharapkan dapat menjadi bahan bakar alternatif yang menggantikan LPG.

Kain Perca pun merupakan bahan sintetis dan merupakan limbah tekstil. Khozinatus melihat hal ini dan tertantang untuk membuat sesuatu dari kain ini. Dibuatlah briket kain perca ini. Untuk membuatnya, hanya diperlukan bahan-bahan sederhana. Bahan-bahan yang diperlukan antara lain :

  • Serbuk Kain perca
  • Serbuk Sekam Padi (dijadikan arang)
  • Tepung Kanji

Diharapkan kedepannya banyak gerakan dan penemuan-penemuan seperti ini yang dilakukan Khozinatus Sadah. Karena selain memanfaatkan limbah, krisis energi pun dapat teratasi dengan sangat baik.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *